Blogspot.com

Ilmuwan Temukan Hiu Tertua di Dunia yang Masih Hidup

Kamu mungkin pernah mendengar tentang megalodon, hiu terbesar pada masa prasejarah. Bagaimana dengan hiu bluntnose sixgill atau disebut juga dengan hiu enam insang? Hiu raksasa yang bersembunyi jauh di kedalaman dasar laut ini masih ada dan hidup sampai sekarang.

Baru-baru ini, seorang ilmuwan bernama Gavin Naylor, berhasil menangkap rekaman luar biasa dari hiu sixgill yang ia ambil dari dalam kapal selam. “Saya benar-benar berhadapan langsung dengan hewan ini,” ujar Nayor yang melakukan penelitian di Museum of Natural History Florida, kepada Live Science.

Menurut Dean Grubbs, ahli ekologi laut dalam di Museum of Natural History Florida, hiu bluntnose sixgill merupakan hiu tertua di dunia yang masih hidup. Penyelaman yang dilakukan kali ini adalah bagian dari misi OceanX, untuk melihat perilaku dan biologi hiu sixgill. “Ini seperti mempelajari dinosaurus,” ujar Grubbs.


Menurut para peneliti, hiu sixgill telah ada sejak zaman dinosaurus, sekitar 200 juta tahun yang lalu. Beberapa ilmuwan bahkan percaya bahwa mereka adalah hewan yang selamat dari peristiwa kepunahan massal yang menewaskan 96 persen kehidupan biota laut.

Dalam video tersebut, ilmuwan menemukan hiu sixgill betina yang memiliki panjang sekitar 4,9 meter di kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan teluk Meksiko, tak jauh dari Tanjung Eleuthera, di Bahama.

Hiu itu menunjukkan dirinya kepada Naylor, membuka mulut besarnya, dan mengedipkan mata birunya. Dia juga beberapa kali tampak penasaran dan menyenggol kapal selam yang ditumpangi Naylor menggunakan hidungnya. Saat dia mulai merobek umpan yang ditempelkan pada kapal selam, seketika guncangan pun terjadi.


“Mereka tampak sangat lambat dan sangat anggun,” ujar Lee Frey, seorang insinyur laut dalam yang mengemudikan kapal selam. “Tetapi kemudian, ketika mereka pergi setelah makan, mereka benar-benar kuat.”

Penyelaman Naylor merupakan upaya keempat untuk melacak dan menandai hiu sixgill di lingkungan laut dalam. Memberi tanda pada hiu sixgill di lingkungan alaminya merupakan tantangan yang tidak biasa, karena mereka biasanya hidup di dasar laut dengan kedalaman antara 800 hingga 1.100 meter di bawah permukaan.

Di masa lalu, untuk menandai seekor hiu sixgill, para peneliti mesti menarik mereka ke permukaan. Tetapi metode itu tidak bisa menggambarkan perilaku hiu sixgill lebih jelas. Sebab, setelah muncul ke permukaan, hiu tersebut bertindak tidak menentu.

Baca juga berita menarik lainnya :
Tukang cukur cantik dan seksi ini bikin pelanggan tak berkedip 
Dituduh mastub4si dipesawat pramugari ini ungkap kebenarannya 
Mengaku diganggu hantu,presiden brasil pindah dari istana mewahnya 
Heboh,wanita asal amerika ini lelang dirinya dipasar jodoh 
Baru 5 menit bekerja presenter ini dipecat karena terlalu cantik 
cantiknya putri arab kenakan kostum penari bali sehabis spa 
kepergok maling pakaian ditoko,gadis ini dipaksa bug1l oleh warga 
Carrina linn,suster super seksi yang bikin netizen panas dingin 
ritual aneh janda di cina,berbaring didalam tanah seperti mayat 
Unik!warga desa ini selalu tak berbusana saat beraktifitas 
Heboh,polwan tertangkap kamera berhubungan s3ks dimobil patroli 
(Geger) pria berhubungan s3ks dengan sapi sapi dijalan hebohkan warga 
Diejek punya v4gina besar,wanita operasi demi pede bercinta 

Related : Ilmuwan Temukan Hiu Tertua di Dunia yang Masih Hidup

0 Komentar untuk "Ilmuwan Temukan Hiu Tertua di Dunia yang Masih Hidup"