Di Indonesia Ikan Ini Harganya Ratusan Ribu, di Jepang Ada yang Terjual Rp26 Miliar

Di Indonesia, ikan Koi memiliki harga sekitar Rp40 ribu hingga Rp150 ribu berdasarkan ukurannya.
Akan tetapi berbeda dengan di Jepang, S Legend, seekor ikan Koi bermotif merah dan putih ini menjadi ikan hidup paling mahal yang pernah dijual.
Mahalnya tak main-main, yang terbaru ikan ini berhasil terjual dengan harga 203 juta Yen (1,8 dolar AS) atau sekitar Rp26 Miliar.
Ikan Koi dengan panjang 101 dari varietas Kohaku ini sangat terkenal dan dibeli oleh seorang kolektor dari Jepang, setelah melalui penawaran sengit dengan pembeli lainnya.
Ikan ini dibiakkan di peternakan Ikan Saki di kota Jepang, Hiroshima dari Jepang dan ikan mas betina memenangkan hadiah pertama diAll Japan Koi Show bergengsi tahun lalu.
Konon ikan ini akan mengatongi gelar keduanya pada musim ini, dan tentu semakin meningkatkan minat kolektor dan penggemarnya.


"Ini adalah harga rekor yang dibayar untuk satu Ikan Koi tunggal," kata pakar Inggris Koi, Tim Waddington, kepada Dailymail.
"Pada ukuran 101cm itu sangat besar dan dari varietas Kohaku yang disukai," katanya.
"Orang-orang di dunia ikan mas Koi sangat senang dengan penjualan karena ini merupakan harga yang luar biasa untuk seekor ikan," katanya.
"Harga terbaik sebelumnya adalah sekitar 500.000 dolar AS sekitar Rp7,2 miliar. Ini benar-benar dunia yang gila," tambahnya.
Menurut keterangan pembeli beruntung yang berhasil membawa pulang ikan Koi ini disebut bernama Yingying yang berasal dari Taiwan.
Yingying sekarang akan membiakkan ikan pemenang penghargaan ini dan kemungkinan bisa menghasilkan hingga 500.000 telur dan 5.000 diantaranya memiliki kualitas untuk dijual.
Ikan S Legend ini diharapkan untuk kembali bersaing dalam pertunjukkan selama setidaknya dua tahun ke depan.
Ikan Koi datang dalam lebih dari selusin varietas, jenis Kohaku sejauh ini adalah yang paling populer dan paling berharga.
Varietas ini berkulit putih dengan tanda merah besar di bagian atas. Agar dianggap sempurna, putih Kohaku Koi harus bebas dari perubahan warna atau menguning.
Jepang tetap menjadi produsen ikan mas Koi terbesar di dunia, dengan 90% dari produksi ditujukkan untuk ekspor.

Pada 2016, ekspor ikan koi menghasilkan keuntungan lebih dari 35 juta dolar AS atau sekitar Rp509 miliar. 


Related : Di Indonesia Ikan Ini Harganya Ratusan Ribu, di Jepang Ada yang Terjual Rp26 Miliar

0 Komentar untuk "Di Indonesia Ikan Ini Harganya Ratusan Ribu, di Jepang Ada yang Terjual Rp26 Miliar"