Blogspot.com

4 Mantan Bintang NBA Muslim dengan Segudang Prestasi

BANYAK pebasket dunia yang berlaga di NBA, kompetisi basket paling bergengsi di Amerika Serikat (AS). Mereka datang dari berbagai penjuru dunia dengan latar belakang berbeda-beda. 

Tak hanya beda negara, para pemain NBA pun berisikan dari latar belakang agama, termasuk Islam yang minoritas di negeri Paman Sam.

Sejumlah mantan atlet NBA muslim pernah menorehkan prestasinya dan sangat dikenal. Berikut 4 mantan bintang NBA muslim yang prestasinya diakui oleh dunia:

1. Kareem Abdul Jabbar

Legenda NBA, Kareem Abdul-Jabar merupakan salah satu pebasket muslim yang memiliki segudang prestasi, dengan nama asli Ferdinand Lewis Alcindor ia adalah mantan pemain bola basket profesional NBA yang memegang rekor poin terbanyak sepanjang sejarah kompetisi NBA

Sebab sepanjang berkarier, Kareem Abdul-Jabbar menempati posisi center, ia sukses meraih banyak prestasi bergengsi. 

Bersama dua tim yang pernah diperkuatnya, Milwaukee Bucks (1969-1975) dan Los Angeles Lakers (1975-1989), Abdul-Jabar berhasil meraih enam gelar juara NBA, dan dua kali MVP final NBA.

Dengan gaya skyhook-nya, Kareem Abdul-Jabar telah menjadi pencetak skor terbanyak NBA sepanjang masa, dia membukukan 38.387 poin (rata-rata 24,6 poin per game). Bahkan pelatih tim NBA, Pat Riley, dan seorang pemain aktif NBA, Isiah Thomas, tanpa ragu menyebut Abdul-Jabar sebagai pemain basket terhebat sepanjang masa. Ia tercatat menjuarai sebanyak enam kali NBA Most Valuable Player (MVP), 19 kali NBA All-Star, 15 kali All-NBA selection, dan 11 kali menyabet penghargaan NBA All-Defensive Team.

2. Hakeem Abdul Olajuwon

Hakeem Olajuwon merupakan salah satu pebasket muslim berprestasi yang diakui oleh Amerika Serikat. Sepanjang kariernya, ia hanya membela dua tim saja, yakni Houston Rockets pada 1984-2001 dan Toronto Raptors di musim 2001-2002.

Bersama Houston Rockets, Olajuwon sukses menjadi juara NBA, yakni di musim 1994 dan 1995. Tidak hanya itu, Olajuwon juga terpilih menjadi bagian dari Timnas Basket Amerika dan menyabet medali emas Olimpiade Atlanta 1996.

Salah satu center dan pemain terbesar dalam sejarah NBA itu berhasil meraih dua kali gelar NBA (1994, 1995), MVP final NBA (1994, 1995), 12 kali masuk NBA All-Star, NBA Defensive Player of the Year (1993, 1994), dan segudang prestasi menarik lainnya.

Pemilik tinggi badan 213 cm yang lahir pada 21 Januari 1963 itu mengaku jika dirinya selalu meluangkan waktu untuk mengaji, baik itu di rumah, masjid, dalam penerbangan pesawat, sebelum dan sesudah pertandingan, atau kapanpun.

“Rekan satu tim dan pelatih saya, selalu menunjukkan rasa hormat dan sangat menghargai atas iman saya. Saya pikir itu karena mereka melihat pertumbuhan dan kedewasaan saya di sepanjang jalan karena keyakinan saya. Prinsip-prinsip Islam adalah cara hidup yang paling lurus, dan ketika anda mempraktikkannya, itu akan tercermin dalam karakter anda," kata Hakeem Olajuwon, dikutip dari The Undefeated.

Olajuwon memang dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Ia tidak pernah meninggalkan kewajibannya sebagai seorang muslim. Bahkan, ia tidak pernah meninggalkan puasa Ramadhan walaupun sedang bertanding, dan berpuasa tidak membuat performanya menjadi turun. Ia pernah meraih penghargaan NBA Player of the Month saat sebulan penuh dia menjalani puasa.

3. Shaquille O’Neal

Bagi para pecinta kompetisi basket NBA, nama Shaquille O’Neal tentu tidak asing. Terlebih, O’Neal sendiri merupakan salah satu pebasket dengan segudang prestasi selama tampil di kompetisi tersebut. O’Neal ini memang tidak terlalu terbuka mengenai agama yang dianutnya, tapi sebenarnya ia seorang muslim.

Shaquille O'Neal menjadi salah satu pemain basket yang paling mengesankan di sejarah NBA, ia juga merupakan salah satu center raksasa dalam sejarah NBA, ia dibesarkan dari orangtua yang berbeda keyakinan, ibunya adalah seorang Kristen, dan ayah tirinya merupakan seorang muslim. Ia juga pernah melaksanakan rukun Islam kelima, yaitu ibadah haji.

Selama aktif di basket NBA (1992-2011), Shaquille O’Neal meraih banyak gelar pribadi yang bergengsi dan meraih juara NBA. Ia tiga kali meraih gelar juara NBA bersama Los Angeles Lakers, dan sekali ketika memperkuat Miami Heat. Tiga kali meraih MVP final NBA (2000-2002), dan MVP NBA 2000. Mantan pebasket dengan tinggi 216 cencimeter ini juga 15 kali masuk dalam NBA All-Star.

4. Rasheed Wallace

Rasheed Wallace adalah pebasket muslim dengan capaian hebat di kancah NBA. Selama berkarier, ia telah membela sejumlah. Sebut saja Washington Bullets, Portland Trail Blazers, Atlanta Hawks, Detroit Pistons, Boston Celtics, hingga New York Knicks.

Adapun capaian terbaik Rasheed Wallace yaitu saat ia membela Detroit Pistons. Sebab, di musim 2004 ia sukses mengantarkan Pistons menjadi juara NBA. Selain itu, Wallace juga empat kali terpilih dalam tim NBA All-Star.


Baca juga berita menarik lainnya :
Maskapainya bangkrut, Pramugari kompak demo buka baju
Terpaksa Menikah dengan orang yang tidak dicintai sampai akhirnya meninggal dunia
Viral ! Pemandu Karaoke Memakai Kostum Mirip Seragam Sma
Pria ini Ogah Sentuh Istrinya yang Sudah Lepas Busana Saat Malam Pertama
Suami tak pernah pulang,papa mertua jadi sering main
Merinding !! Suasana Puasa Tahun 90-an | Suasana lebaran tahun 1990
Nostalgia Acara Televisi Tahun 90an bikin kangen

Related : 4 Mantan Bintang NBA Muslim dengan Segudang Prestasi

0 Komentar untuk "4 Mantan Bintang NBA Muslim dengan Segudang Prestasi"