Bukan Ronaldo atau Messi, Inilah Raja Tendangan Bebas di Era Modern

Di dunia sepak bola, beberapa nama pemain dikenal karena memiliki keahlian dalam mencetak gol melalui tendangan bebas. Beberapa nama itu adalah David Beckham, Andrea Pirlo, Lionel Messi, hingga Cristiano Ronaldo.
Namun, siapa sangka, mereka bukanlah siapa-siapa dibanding legenda sepak bola asal Brasil, Juninho Pernambucano.


Nama Juninho lebih berkibar di Ligue 1 Prancis dalam kurun 2001-2009. Selama 20 berkarier sebagai pesepak bola, pria kelahiran Recife itu telah mencetak 76 gol melalui tendangan bebas. Paling banyak dibuat ketika berseragam Lyon yakni 44 gol dan empat kali untuk timnas Brasil.
Jumlah itu adalah yang terbanyak dalam era sepak bola modern. Andrea Pirlo saja sebagai eksekutor tendangan bebas terbaik Italia 'hanya' hanya 43 kali mencetak gol melalui tendangan bebas. Sedangkan Cristiano Ronaldo baru mencetak 56 gol free kick. Rinciannya adalah 14 bersama Manchester United, 34 bersama Real Madrid, dan delapan di timnas Portugal termasuk ke gawang Spanyol di Piala Dunia 2018.
Sementara itu, maestro free kick asal Inggris, David Beckham, tentu tak bisa dilupakandalam hal ini. Ia kerap melesatkan gol melalui tendangan bebas, tetapi mentok di angka 65 gol bersama klub dan juga Timnas Inggris.
Namun, jika bertolak jauh ke belakang, sebenarnya ada satu pemain yang memiliki kemampuan mencetak gol melalui tendangan bebas di atas rata-rata. Dia adalah Arthur Antunes Coimbra alis Zico, gelandang Brasil era 1980-an. Selama kariernya, mantan pelatih Timnas Irak itu mampu melesatkan 101 gol.


Related : Bukan Ronaldo atau Messi, Inilah Raja Tendangan Bebas di Era Modern

0 Komentar untuk "Bukan Ronaldo atau Messi, Inilah Raja Tendangan Bebas di Era Modern"