18 Kutang Jumbo Misterius Ini Diduga Milik Wewe Gombel


Warga Dusun Jiwo Kulon, Desa Trotok Kecamatan Wedi, Klaten tiba-tiba heboh. pasalnya, di dusun itu telah ditemukan delapan belas kutang atau BH berukuran besar dan tidak ada warga yang memilikinya. Warga pun menduga, kutang itu milik hantu wewe gombel alias kuntilanak.
Ternyata penemuan kutang misterius tersebut tak hanya terjadi sekali ini saja. Sebagian warga mempercayai jika barang-barang itu milik hantu Wewe Gombel atau Kuntilanak yang menghuni tempat tersebut.
Mitos Wewe Gombel

Menurut cerita, mitos Wewe Gombel dipercayai digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak agar mereka tidak berkeliaran di waktu malam hari.
Sebab pada masa lalu, keadaan gelap gulita amat berbahaya karena hewan buas mungkin memasuki kawasan perkampungan dalam kegelapan malam.


Oleh karena itu, Wewe Gombel diciptakan untuk menyelamatkan mereka dari ancaman tersebut. Wewe Gombel biasanya digambarkan dengan sosok wanita tua keriput dengan payudara yang terlihat panjang dan menggantung.
Nama Wewe Gombel dengan penggambaran umum seperti yang tertulis di atas mungkin juga bukan sekedar isapan jempol belaka, atau suatu analisis logis mengenai salah satu bentuk motivasi orang-orang dulu (tatanan masyarakat primodial) untuk mengantisipasi tindakan yang mengundang kebiasaan-kebiasaan buruk yang berpotensi melanggar aturan.
Misalnya anak-anak yang seharusnya belajar di malam hari atau berkumpul bersama keluarga tapi malah bermain di luar rumah dan tanpa pengawasan orang.
Cerita tentang adanya sosok Wewe Gombel secara turun temurun dan paralel menyebar ke berbagai individu yang sebagaian dari para individu itu mungkin juga secara sepihak mengarang definisi tambahan mengenai sosok Wewe Gombel, kemudian merebak ke segala arah dan dikomsumsi oleh banyak pihak.
Konon katanya, Wewe Gombel berasal dari sebuah bukit di kawasan Gombel, Semarang. Dahulu, banyak orang mati di bukit itu akibat pembantaian di masa penjajahan Belanda.
Hingga kini, mitos tentang setan Wewe Gombel ini masih ada di Indonesia dan masih diceritakan secara turun-temurun.
Temuan 18 Beha atau Kutang Ukuran Jumbo Yang Misterius
Isyu dan dugaan mengenai Wewe Gombel terjadi lagi bagi warga Dusun Jiwo Kulon, Desa Trotok Kecamatan Wedi, Klaten, Jawa Tengah. Di dusun itu telah ditemukan 18 kutang berukuran besar dan hebohnya, tidak ada warga yang memilikinya. Warga lalu menduga, bahwa penemuan kutang-kutang misterius itu milik hantu wewe gombel alias kuntilanak dan melaporkan kepada pihak berwajib.
Kapolsek Wedi, AKP Suginoto memastikan akan menindaklanjuti laporan warga terkait dengan temuan kutang atau BH. Pakaian dalam itu ditemukan di jemuran belakang rumah Yanti (43) warga Dukuh Jiwo Kulon, Desa Trotok, Kecamatan Wedi, Klaten, Jawa Tengah.
“Laporan sudah kami terima dan sudah kami tindaklanjuti. Barang bukti sudah kami amankan dan sedang kami selidiki siapa pemilik atau yang menaruhnya di tempat tersebut,” kata Suginoto seperti yang dilansir Jateng Pos.
Namun, ketika polisi datang ke lokasi penemuan itu, kutang yang tergantung di jemuran jumlahnya tinggal 17 buah, alias hilang satu.
“BH itu ditemukan pertama bergantung di jemuran pada Jumat pagi. Saat polisi datang ke sini Senin lalu, BH yang ada di jemuran tinggal 17 buah. Kemungkinan ada pengunjung yang mengambilnya satu,” jelas Icha warga setempat.
“Kemungkinan ada pengunjung yang mengambil satu,” jelas Kapolsek Wedi AKP Suginoto.
Penyitaan dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Selain menyita barang bukti, polisi juga mengambil keterangan beberapa orang saksi.
Temuan Kutang-Kutang Ukuran Jumbo Ini Bukan Yang Kali Pertama
Temuan ini memang menggegerkan warga. Apalagi santer dikabarkan bahwa kutang itu milik kuntilanak. Eko (22) yang merupakan tetangga Yanti mengatakan temuan ini yang kali kedua.
“Ini kejadian kedua, dulu pernah terjdi sebelumnya. Dulu jumlahnya 17 buah dan ukurannya juga besar semua. Namun oleh warga, BH tersebut langsung dibakar,” kata Eko.
Dikatakan pula Eko bahwa tiba-tiba saja, BH tersebut sudah berada di jemuran. “Banyak warga yang mengaku pernah melihat perempuan tua, berkuku panjang dan berambut panjang di tempat itu. Mitosnya, tempat itu adalah kerajaan lelembut,” tambah seorang warga lainnya, Icha(25).

Kabar penemuan BH ajaib tersebut langsung beredar ke beberapa wilayah di sekitar Desa Trotok. Hanya dalam sekejap, puluhan warga sudah berkumpul untuk melihat kebenaran BH misterius tersebut.
Warga setempat menceritakan di tempat itu, ada sebuah mitos yang menyebutkan jika tempat jemuran itu merupakan kerajaan para lelembut. Kabar penemuan kutang yang diduga milik makhluk halus tersebut langsung beredar keluar Desa Trotok. Dalam dua hari setelah penemuan, warga masih ramai memperbincangkan kutang-kutang misterius itu.
Ternyata penemuan kutang misterius tersebut tak hanya terjadi sekali ini saja. Sebagian warga mempercayai jika barang-barang itu milik hantu wewe gombel atau kuntilanak yang menghuni tempat tersebut.
Baca juga Artikel Menarik Lainnya :

Related : 18 Kutang Jumbo Misterius Ini Diduga Milik Wewe Gombel

0 Komentar untuk "18 Kutang Jumbo Misterius Ini Diduga Milik Wewe Gombel"