Blogspot.com

Tak Diduga, Ini 3 Cara Allah Mengabulkan Doa

 

DOA merupakan salah satu bentuk kedekatan manusia dan Allah SWT. Selain itu, berdoa juga bisa membuat hati dan pikiran merasa tenang sepanjang beraktivitas.

Atas sifat-Nya yang agung, Allah SWT senantiasa mengabulkan doa setiap hambanya. Namun Allah SWT mengabulkan doa dengan cara yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan keinginan pastinya kita akan berusaha mendapatkannya. Kemudian usaha tersebut disempurnakan dengan berdoa meminta kepada Allah SWT.

Allah SWT juga telah berjanji akan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Q.S Al-Baqarah ayat 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

Firman Allah dalam Q.S Al-Mu’min ayat 60 :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina’.”

Namun Allah SWT menjawab atau mengabulkan doa setiap hamba-Nya dengan cara yang terbaik, serta waktu yang tepat.

"Orang yang berdoa pasti diterima oleh Allah SWT. Tapi dengan cara tiga hal Allah menerimanya,” ujar KH Cholil Nafis

KH Cholil Nafis menjelaskan, berdasarkan hadist ada tiga cara Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya. Dari Abu Sa’id Radhiallahu ‘Anhu berkata bahwa Rasullullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ اللَّهُ أَكْثَرُ

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: Allah akan segera mengabulkan do’anya, Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal”.

Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian.” (HR. Ahmad).

Dari hadist tersebut, KH Cholil Nafis menegaskan, jika seseorang berdoa, lalu tidak mengandung dosa, lalu dia tidak memutus silaturahim, dan ikhlas karena Allah SWT, pasti akan diterima. Apa saja?

1. Allah SWT mempercepat permintaannya

Cara yang pertama ini Allah SWT mengabulkan langsung doa yang telah dipanjatkan. Semisal kita memohon ingin umroh namun uangnya belum cukup, lalu tanpa disangka kita mendapatkan hadiah umroh gratis. Itu cara Allah SWT mengabulkan doa tersebut dengan memberikan jalan di luar dugaan.

2. Allah SWT menyimpan doa tersebut untuk di akhirat

Ketika meminta sesuatu namun Allah SWT tidak mengabulkan, maka hendaklah kita ikhlas dan husnudzon kepada Allah SWT. Doa yang telah dipanjatkan, namun tidak terkabul-kabul, oleh Allah SWT disimpan dan ditaruh untuk di akhirat kelak.

3. Menggantikan doa tersebut dengan yang lebih baik

Sesuatu yang menurut manusia baik, belum tentu baik di mata Allah. Makanya Allah terkadang tidak memberi karena yang kita minta tidak menjadi kebaikan.

"Misalnya kita berdoa kepada Allah meminta A, namun Allah menggantikannya dengan memberi B, sebab B jauh lebih baik untuk kita. Maka dari itu yang paling utama dalam berdoa kepada Allah adalah husnudzon dan optimis," tambahnya.

KH Cholil Nafis pun menyampaikan bahwa manusia bisa meminta sebanyak-banyaknya kepada Allah SWT. Karena Allah SWT punya kejutan yang lebih banyak lagi dari yang diminta.

"Yang tidak baik, sombong tak pernah berdoa kepada Allah. Dan pasti doa kita akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” tuturnya.

Baca juga berita menarik lainnya :
Tukang cukur cantik dan seksi ini bikin pelanggan tak berkedip 
Dituduh mastub4si dipesawat pramugari ini ungkap kebenarannya 
Mengaku diganggu hantu,presiden brasil pindah dari istana mewahnya 
Heboh,wanita asal amerika ini lelang dirinya dipasar jodoh 
Baru 5 menit bekerja presenter ini dipecat karena terlalu cantik 
cantiknya putri arab kenakan kostum penari bali sehabis spa 
kepergok maling pakaian ditoko,gadis ini dipaksa bug1l oleh warga 
Carrina linn,suster super seksi yang bikin netizen panas dingin 
ritual aneh janda di cina,berbaring didalam tanah seperti mayat 
Unik!warga desa ini selalu tak berbusana saat beraktifitas 
Heboh,polwan tertangkap kamera berhubungan s3ks dimobil patroli 
(Geger) pria berhubungan s3ks dengan sapi sapi dijalan hebohkan warga 
Diejek punya v4gina besar,wanita operasi demi pede bercinta 

Related : Tak Diduga, Ini 3 Cara Allah Mengabulkan Doa

0 Komentar untuk "Tak Diduga, Ini 3 Cara Allah Mengabulkan Doa"