Blogspot.com

Pola Makan Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Yuk Terapkan!




SEPERTI umat muslim ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sosok panutan yang paling sempurna di bumi ini. Tidak hanya tuntunannya dalam beribadah dan berakhlak mulia, ia juga mengajarkan untuk melakukan sesuatunya dengan baik, dalam hal pada saat makan misalnya, ia menerapkan pola makan sehat.

Bagaimana pola makan sehat ala Nabi Muhammad tersebut? Ketika makan Rasulullah tidak rakus, ia bukan orang yang minum secara tidak sopan, ia adalah orang yang akan minum sedikit demi sedikit. 
Dilansir dari About Islam pada Kamis (24/10/2019), Nabi mengajarkan umatnya untuk bernafas di sela waktu meminum air. Ketika makan, Nabi akan memakan sepertiga dari makanannya, sepertiga lagi untuk minuman, sepertiga lagi untuk pernafasan.

Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bahkan bisa saja timbul penyakit jika makan dengan porsi yang berlebihan dan juga bisa timbul penyakit jika makanan yang dimakan adalah makanan yang salah, maksudnya tidak sehat atau sudah basi.

Allah berfirman: 

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوٓا

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Lebih lanjut mengenai pola makan sehat ala Nabi Muhammad, seperti diketahui, Rasulullah SAW adalah sosok yang sangat menyukai kurma, minum air mineral dan juga susu segar. Sosoknya dikenal sebagai pribadi yang sangat bersyukur dan menikmati pemberian Allah SWT.

Ada salah satu makanan favorit Nabi Muhammad, yaitu Tharid masakan kaldu dengan isian utama kacang chickepa atau himmis dalam Bahasa Arab. Tak hanya itu, Nabi Muhammad pun menyukai sayuran dan buah seperti labu, mentimun, dan semangka.

Nabi Muhammad merupakan sosok yang suka makan sehat. Selain itu ia juga selalu berbagi makanannya kepada orang di sekitarnya yang membutuhkan. Pada saat makan, Nabi tidak menggunakan alat apapun, seperti sendok atau garfu. Melainkan ia hanya menggunakan tangan kanannya untuk makan.

"Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan" (Hadits RH. Muslim)

Nabi Muhammad SWA juga mengajar dan menganjurkan untuk tidak meniup makanan, harus menunggu makanan untuk sedikit dingin sehingga bisa dimakan tanpa ditiup.

Nabi Muhammad juga mengajarkan jika seseorang yang memberikan makanan terhadap orang lain harus menjadi yang terakhir makan, dan oleh karena itu, merupakan suatu kehormatan untuk memastikan bahwa semua orang diberi makan dan minum sebelum seseorang mempertimbangkan kebutuhan mereka sendiri.
Selain itu Nabi Muhammad SWA mengajarkan untuk membatasi makan lewat puasa. Ia berpuasa pada Senin, Kamis, dan tanggal 13, 14, dan 15. Tentu saja juga puasa wajib pada saat Ramadhan dan hari-hari khusus kainnya di bulan Muharram.

Pendekatan dan pembelajaran Nabi Muhammad benar-benar adalah kunci untuk pedoman hidup kita, agar selalu taat kepada Allah, dan mengikuti ajaran Rasulullah supaya kita selalu diridhai Allah SWT.

Baca juga berita menarik lainnya :
Maskapainya bangkrut, Pramugari kompak demo buka baju
Terpaksa Menikah dengan orang yang tidak dicintai sampai akhirnya meninggal dunia
Viral ! Pemandu Karaoke Memakai Kostum Mirip Seragam Sma
Pria ini Ogah Sentuh Istrinya yang Sudah Lepas Busana Saat Malam Pertama
Suami tak pernah pulang,papa mertua jadi sering main
Merinding !! Suasana Puasa Tahun 90-an | Suasana lebaran tahun 1990
Nostalgia Acara Televisi Tahun 90an bikin kangen

Related : Pola Makan Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Yuk Terapkan!

0 Komentar untuk "Pola Makan Sehat Ala Nabi Muhammad SAW, Yuk Terapkan!"