Blogspot.com

Kata-Kata Bahasa Indonesia yang Diserap Bahasa Inggris


Sudah lazim dalam suatu bahasa terjadi serap-menyerap. Contohnya, dalam bahasa Indonesia, banyak memiliki kata serapan dari bahasa Belanda, Sansekerta, dan bahasa Lokal di Indonesia. Serap-menyerap umumnya terjadi karena ketiadaan kata-kata yang dapat mewakili kata tersebut. Bisa pula, benda tersebut tidak dikenal di tempat bahasa tersebut. Misalnya saja buah, ternyata dalam bahasa Inggris, banyak nama buah yang diserap dari bahasa Indonesia. Sebut saja Salak, Durian, Mangosteen (dari Manggis), dan Rambutan.
Kalau ada yang menebak Mango itu dari Mangga, sayangnya bukan. Kata tersebut berasal dari bahasa Tamil. Maklum, mangga merupakan buah nasional negara India. Kalau Indonesia apa coba?
Seperti yang dikutip dari goodnewsfromindonesia.org, Selain nama buah, beberapa nama tanaman juga diserap ke dalam bahasa Inggris, seperti: Bamboo, Cempedak, Kapok (pohon Kapuk), Langsat (atau duku), Meranti, Merbau, Paddy (Padi), Pandanus (Pandan), Ramie (Rami), Rattan (Rotan), Sago (Sagu), dan Cajuput (Kayu putih). Selain nama tumbuhan dan nama buah, ternyata nama hewan juga ada yang diserap, seperti: Babirusa, Bantam (ayam Kate), Cassowary (Kasuari), Cockatoo (Kakatua), Dugong (Duyung), Orangutan, Tapir, Tokay, dan Pangolin (Trenggiling, dari Pengguling).
Makanan, pakaian, dan senjata lokal juga tidak ketinggal untuk diserap. Misalnya saja Agar, Satay, dan Tempeh. Terus ada lagi, Batik, Ikat, Koteka, Sarong, dan Songket. Angklung, Gamelan, dan Gong juga lho. Junk (Ship) dari Jong dan Proa dari Prahu. Kris dari Keris dan Sjambok dari cambuk. Wow, banyak ternyata ya!
Teripang, nama Indonesia yang diserap ke Bahasa Inggris
Ada juga kata trepang dari kata teripang, Tombac dari tembaga, Silat, Lahar, Ketchup dari kecap, Gigham, Gutta percha (getah perca), Gambier (gambir), Canting, Catty dan Amok.
Inilah dari wikipedia :
Animals
Babirusa, compound word from babi (pig) and rusa (deer)
Banteng
Bantam, from the town of Banten
Binturong
Cassowary from kasuari (Papuan)
Cockatoo from kakatua [1]
Dugong from duyung
Komodo dragon, from Komodo
Orangutan [1]
Pangolin from pengguling or trenggiling
Siamang
Tapir
Tokay (gecko) from tokek (Javanese)
Trepang from teripang

Baca juga artikel menarik lainnya :

Related : Kata-Kata Bahasa Indonesia yang Diserap Bahasa Inggris

0 Komentar untuk "Kata-Kata Bahasa Indonesia yang Diserap Bahasa Inggris"