Blogspot.com

Menakjubkan! Foto Detail Matahari yang Berhasil Diabadikan

Studi tentang Matahari mendorong astronom dan pencinta astronomi mengabadikannya. Berikut ini beberapa foto detail Matahari yang berhasil dipotret.

Teleskop GREGOR yang baru saja diupgrade kemampuannya, memberi kejutan bagi para pencinta astronomi dengan mengabadikan Matahari secara super detail.

GREGOR yang merupakan teleskop surya terbesar di Eropa, mampu memecahkan detail sekecil 50 kilometer di permukaan Matahari. 

Mengingat ukuran dan jarak Matahari dari kita begitu besar dan jauhnya, penelitian ini digambarkan seperti mengamati jarum di lapangan sepak bola dalam resolusi tinggi dari ketinggian 1 kilometer.

Ini adalah sebuah peningkatan baru yang luar biasa dalam hal detail dalam dunia astronomi dan astrofisika.

Ini adalah proyek yang sangat menarik, sekaligus sangat menantang. Hanya dalam waktu satu tahun, kami benar-benar mendesain ulang optik, mekanik, dan elektronik untuk mencapai kualitas gambar terbaik, " kata penulis utama penelitian ini, Dr Lucia Kleint, yang juga memimpin observatorium teleskop surya Jerman di Tenerife.

Dikutip dari IFL Science, teleskop adalah instrumen yang sangat kompleks sehingga meningkatkan kemampuannnya membutuhkan waktu lama. Tim tersebut melakukan terobosan teknis selama lockdown karena pandemi COVID-10 di awal tahun, ketika mereka 'terdampar' di observatorium.

Hikmahnya, mereka punya waktu ekstra untuk meningkatkan kemampuan GREGOR dengan mengganti dua elemen optik yang telah dirancang dan dipoles hingga tingkat presisinya mencapai 6 nanometer atau kira-kira lebih kecil dari lebar sehelai rambut kita!

"Proyek ini agak berisiko karena pemutakhiran teleskop semacam itu biasanya memakan waktu bertahun-tahun, tetapi kerja tim yang hebat dan perencanaan yang cermat telah menghasilkan kesuksesan ini. Sekarang kami memiliki instrumen yang ampuh untuk memecahkan teka-teki tentang Matahari," kata rekan penulis Dr Svetlana Berdyugina, profesor di Albert-Ludwig University of Freiburg.

Instrumen pengamatan yang telah diupgrade ini memungkinkan para peneliti mengambil gambar Matahari beresolusi tertinggi yang pernah diambil oleh teleskop Eropa, mengungkapkan detail spektakuler dari evolusi bintik Matahari dan struktur dalam plasma Matahari.

Tak hanya itu, teleskop ini juga memungkinkan para ilmuwan peneliti Matahari bisa mempelajari medan magnet, konveksi, turbulensi, letusan Matahari, dan bintik Matahari dengan detail yang luar biasa.

GREGOR, bersama dengan teleskop Matahari Daniel K. Inouye , misi roket Hi-C , dan misi luar angkasa seperti Parker Solar Probe dan Solar Orbiter, membuka babak baru yang luar biasa dalam studi mengenai Matahari.

Baca juga berita menarik lainnya :
Maskapainya bangkrut, Pramugari kompak demo buka baju
Terpaksa Menikah dengan orang yang tidak dicintai sampai akhirnya meninggal dunia
Viral ! Pemandu Karaoke Memakai Kostum Mirip Seragam Sma
Pria ini Ogah Sentuh Istrinya yang Sudah Lepas Busana Saat Malam Pertama
Suami tak pernah pulang,papa mertua jadi sering main
Merinding !! Suasana Puasa Tahun 90-an | Suasana lebaran tahun 1990
Nostalgia Acara Televisi Tahun 90an bikin kangen

Related : Menakjubkan! Foto Detail Matahari yang Berhasil Diabadikan

0 Komentar untuk "Menakjubkan! Foto Detail Matahari yang Berhasil Diabadikan"