Blogspot.com

Kisah Nabi Ibrahim sebagai Manusia Pertama yang Ubanan

SETIAP manusia yang memasuki usia senja, rambutnya akan memutih atau tumbuh uban. Ini merupakan perubahan alami, cepat atau lambat proses biologis berupa tumbuhnya uban akan terjadi. Hal seperti itu juga dialami Nabi Ibrahim AS, bahkan dikisahkan ia adalah manusia pertama yang ubanan.
Kisah tumbuhnya uban Nabi Ibrahim AS dibenarkan oleh Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin. Ia mengatakan, bahwa hal itu terjadi sebagai pembeda antara Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ishaq.
"Nabi Ibrahim dan Ishaq itu sangatlah mirip. Jadi Allah memberikannya pembeda, yaitu tumbuh uban di rambut Nabi Ibrahim.
Ainul Yaqin menuturkan, pernah suatu hari Ishaq disapa oleh salah satu masyarakat mengucapkan 'Assalamualaikum yaa Khalilullah'. Kemudian putra Ibrahim itu terkejut karena dirinya disangka ayahnya.
Kemudian Ishaq menjawab, "Ini aku Ishaq, anak dari Ibrahim. Ia (ayahnya) lebih baik, aku seperti budaknya, dan ia seperti majikannya. Oleh karena itu Allah pun menumbuhkan uban di kepala kekasih Allah itu.".
Ketika ubannya tumbuh, Ibrahim sebenarnya sedih. Namun semua itu ia terima dengan ikhlas karena apa yang terjadi kepadanya, termasuk tumbuh uban adalah kehendak dari Allah.
"Nabi Ibrahim bertanya 'Ya Allah apakah ini uban?'. Kemudian Allah menjawab pertanyaan kekasihnya itu: 'Benar, itu tanda kewibawaan dan kebijaksanaan' dan Ibrahim malah meminta ditambahkan kewibawaannya itu," tuturnya.
Hal ini juga diceritakan dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah SAW bersabda:
كام ابراهيم أول من ضيف الضيف وأول الناس كَانَ إِبْرَاهِيمُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوَّلَ النَّاسِ ضَيَّفَ الضَّيْفَ وَأَوَّلَ النَّاسِ اخْتَتَنَ وَأَوَّلَ النَّاسِ قَصَّ الشَّارِبَ وَأَوَّلَ النَّاسِ رَأَى الشَّيْبَ فَقَالَ يَا رَبِّ مَا هَذَا فَقَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَقَارٌ يَا إِبْرَاهِيمُ فَقَالَ يَا رَبِّ زِدْنِي وَقَارًا
Artinya: "Ibrahim adalah orang pertama yang menjamu tamu, orang pertama yang berkhitan, orang pertama yang memotong kumis, dan orang pertama yang melihat uban lalu berkata: Apakah ini wahai Tuhanku? Maka Allah berfirman: kewibawaan wahai Ibrahim. Ibrahim berkata: Wahai Tuhanku, tambahkan aku kewibawaan itu." (HR. Bukhori dalam Al-Adabul Mufrod 120, Imam Malik dalam Al-Muwatto’ 9/58).

Baca juga berita menarik lainnya :
Tukang cukur cantik dan seksi ini bikin pelanggan tak berkedip 
Dituduh mastub4si dipesawat pramugari ini ungkap kebenarannya 
Mengaku diganggu hantu,presiden brasil pindah dari istana mewahnya 
Heboh,wanita asal amerika ini lelang dirinya dipasar jodoh 
Baru 5 menit bekerja presenter ini dipecat karena terlalu cantik 
cantiknya putri arab kenakan kostum penari bali sehabis spa 
kepergok maling pakaian ditoko,gadis ini dipaksa bug1l oleh warga 
Carrina linn,suster super seksi yang bikin netizen panas dingin 
ritual aneh janda di cina,berbaring didalam tanah seperti mayat 
Unik!warga desa ini selalu tak berbusana saat beraktifitas 
Heboh,polwan tertangkap kamera berhubungan s3ks dimobil patroli 
(Geger) pria berhubungan s3ks dengan sapi sapi dijalan hebohkan warga 
Diejek punya v4gina besar,wanita operasi demi pede bercinta 

Related : Kisah Nabi Ibrahim sebagai Manusia Pertama yang Ubanan

0 Komentar untuk "Kisah Nabi Ibrahim sebagai Manusia Pertama yang Ubanan"