Blogspot.com

Keindahan Masjid Kowloon yang Sempat Terkena Tembakan Water Canon di Hong Kong


Pekan lalu Masjid Kowloon di Hong Kong terkena tembakan water canon saat terjadi unjuk rasa pro demokrasi di Hong Kong. Bahkan pemimpin Hong Kong sampai meminta maaf kepada komunitas muslim atas insiden ini.
Ternyata Masjid Kowloon ini merupakan salah satu masjid penting di Kota Hong Kong. Terletak di persimpangan Nathan Road dan Haiphong Road di Tsim Sha Tsui, Masjid Kowloon dan Islamic Centre adalah masjid terbesar di Hong Kong.

Masjid ini adalah salah satu landmark Islam paling ikonik di Hong Kong karena bentuk dan arsitekturnya yang indah. Apalagi masjid ini bisa menampung hingga 3.500 jamaah.
Seperti dilansir Halal Zilla pada Senin (28/10/2019), masjid ini pertama kali didirikan oleh garnisun muslim yang ditempatkan di daerah tersebut yang sekarang dikenal Kowloon Park. Masjid Kowloon mewakili sejarah unik komunitas muslim setempat.
Kepala Imam Hong Kong, Mufti Muhammad Arshad telah menjadi imam dan katib di Masjid Kowloon sejak tahun 2001. Ia memiliki banyak tugas melayani komunitas muslim.
Sebagai situs budaya yang penting, Masjid Kowloon mencakup tiga aula yaitu aula doa, madrasah, dan aula komunitas.
Aula komunitas digunakan oleh organisasi muslim untuk mengadakan program selama acara-acara khusus.
Langit-langit di masjid ini juga begitu indah dengan hiasan lampunya yang penuh dengan nilai seni tinggi.
Kawasan Tsim Sha Tsui di Hong Kong sendiri dikenal sebagai tempat yang populasinya merupakan para pendatang dari negara-negara muslim. Kebanyakan warga di Tsim Sha Tsui bekerja sebagai pedagang dan pengusaha.
Masjid Kowloon sejak era pemerintahan Inggris hingga Hong Kong di bawah kekuasaan China selalu menjadi situs budaya penting bagi umat Islam di Hongkong.
(DRM)

Related : Keindahan Masjid Kowloon yang Sempat Terkena Tembakan Water Canon di Hong Kong

0 Komentar untuk "Keindahan Masjid Kowloon yang Sempat Terkena Tembakan Water Canon di Hong Kong"