Blogspot.com

Taman Melayang Dibangun di Singapura


Konsep pembangunan ramah lingkungan terus dilakukan oleh Singapura. Terkini, Menara Robinson yang baru dibuka di Distrik Pusat Bisnis Singapura menempatkan ruang hijau dalam gedung tersebut.

Kohn Pedersen Fox Associates (KPF) merancang menara Robinson dengan unik. Bagian menara dipisahkan oleh sebuah atap yang merupakan taman buatan dengan pepohonan rindang. Bila dilihat dari jauh taman tersebut tampak melayang.


Taman tersebut dirancang sebagai bagian dari Urbanisme Berkelanjutan yang tengah dilakukan oleh pemerintah Singapura. Desainnya dipengaruhi oleh kebijakan yang mengharuskan pengembang memasukkan unsur ruang hijau yang dapat diakses publik.

Selain itu, jumlah tanaman pada ruang hijau tersebut harus setara dengan jumlah tanaman yang dibuang untuk proses pembangunan, sehingga proses berkelanjutan bisa diterapkan pada menara tersebut.


Fasad menara dua puluh lantai tersebut dibungkus kaca sehingga cahaya matahari dapat diubah menjadi energi. Bentuknya juga dirancang dengan membentuk hubungan kontekstual dengan Lau Pa Sat, pasar makanan bersejarah dekat menara Robinson.

"Pada intinya, proyek ini menyajikan tantangan tumpang tindih perencanaan ruang kantor Kelas-A di situs yang tidak teratur dengan pemeriksaan lingkungan," ujar Direktur Desain KPF Bruce Fisher, dilansir CNN.


Saat ini, Menara Robinson menjadi rumah bagi KPF Singapura, yang sebelumnya menempati area kantor di terminal 5 Bandara Changi.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Related : Taman Melayang Dibangun di Singapura

0 Komentar untuk "Taman Melayang Dibangun di Singapura"