Blogspot.com

Olahraga Tertua yang Masih Dimainkan Hingga Hari Ini

Olahraga Tertua yang Masih Dimainkan Hingga Kini


Olahraga, dalam semua bentuknya, adalah bagian integral dari sejarah manusia kita, dan itu tidak berubah banyak selama beberapa abad, Mungkin perbedaan yang kontras terletak pada banyaknya sponsor dewasa ini. Beberapa olahraga yang kita mainkan hari ini akarnya merentang kembali selama ribuan tahun. Berikut adalah 20 olahraga tertua yang masih dimainkan hingga hari ini.

Lempar lembing - asal mula


Lempar lembing, suatu cabang olahraga yang muncul dari penggunaan tombak dalam berburu dan bertarung pada budaya bangsa Sumeria, Asyur, dan Mesir. Lempar lembing sudah dianggap sebagai satu cabang olahraga oleh orang-orang Yunani Kuno, dan merupakan bagian dari pentathlon Olimpiade dari tahun 708.  

Lempar lembing - hari ini

Kejuaraan nasional pertama dalam olahraga ini terjadi di Swedia pada tahun 1896. Fakta ini menjelaskan mengapa Skandinavia mendominasi olahraga ini hingga pertengahan 1950-an. Lempar lembing kembali menjadi salah satu cabang olahraga Olimpiade di Athena tahun 1908.

Atletik - asal muasal


Ketika manusia belajar berjalan, mereka juga belajar berlari - mungkin pertanyaan sederhana tentang bagaimana bertahan hidup. Lukisan gua paleolitik di Lascaux, dilukis sekitar 18.000 tahun yang lalu, serta lukisan di pegunungan Drakensberg di Afrika Selatan, jelas menunjukkan manusia berlari Salah satu kompetisi lari pertama terjadi di Permainan Tailteann, sebagai bagian dari festival Lugnasad di Irlandia pada tahun 1829 SM. Lomba lari adalah pertandingan pertama dalam Olimpiade pertama yang berlangsung di Athena, Yunani, pada 776 SM.  

Atletik - hari ini

Atletik telah menjadi bagian dari Olimpiade modern sejak mereka dimulai pada 1896. Sekarang dibagi menjadi berbagai disiplin seperti lari halang rintang, lari estafet dan maraton

Lempar cakram – asal mula


Sama seperti lempar lembing, lempar cakram pertama kali muncul di pentathlon di Olimpiade 708 SM. Homer penyair Yunani menyebutkan olahraga ini dalam puisi epiknya, Iliad dan Odyssey.

Lempar cakram – hari ini


Lempar cakram termasuk salsh satu cabang olahraga dalam Olimpiade modern pertama tahun 1896. Seorang Amerika, Robert Garrett, meraih medali pertama.

Lompat jauh – asal muasal


Lompat jauh menjadi olahraga Olimpiade di Pertandingan 656 SM. Saat itu, atlet harus melompat memegang berat 3 kg di masing-masing tangan, yang memberikan keuntungan dalam hal kekuatan otot yang dihasilkan. 'Halteres' ini (lihat foto) memungkinkan mereka, ketika melompat dari titik tetap, untuk mendapatkan hingga 17 cm pada lompatan 3 meter.

Lompat jauh - kini


Lompat jauh telah dimasukkan dalam Olimpiade modern sejak Pertandingan pertama pada tahun 1896. Saat ini, atlet berlari setidaknya 40 meter sebelum melompat.

Gulat - asal usul


Dari Prancis ke Mongolia, melalui India, Mesir, dan Jepang, gulat telah menjadi bagian dari budaya olahraga suatu bangsa dalam sejarah, seperti telihat dari karya seni sejak ribuan tahun yang lalu. Kami bahkan menemukan Gulat  disebutkan dalam kisah tertulis paling awal yang masih hidup, Epic of Gilgamesh, tentang Raja Uruk di Mesopotamia, yang diukir pada tablet tanah liat dan berasal dari sekitar tahun 2150 SM.

Gulat - kini


Gulat Greco-Roman telah menjadi bagian dari Olimpiade modern sejak  pertama kali digelar pada tahun 1896. Variasi yang lebih ringan (paling tidak) dari olahraga ini telah berkembang menjadi tayangan gulat WWE.

Tinju - asal usul


Penggambaran pertama bentuk kuno tinju berasal dari peradaban Sumeria di Mesopotamia, dalam bentuk relief yang berasal dari milenium ke-3 SM.  Aturan pertama dari permainan ini berasal dari Yunani Kuno, meskipun mereka cukup sederhana. Tinju pertama kali muncul sebagai olahraga Olimpiade di pertandingan 688 SM. Saat itu, atlet melindungi tangan mereka dengan tali kulit.

Tinju - hari ini


Saat ini, petinju profesional bertarung untuk mendapatkan hadiah yang bisa bernilai jutaan dolar. Petinju tertentu, seperti Mohamed Ali, telah menjadi simbol dari olahraga Tinju dan eranya.

Berkuda - asal muasal


Hubungan erat antara manusia dan kuda dapat dilacak kembali ke tstepa Rusia dan Kazakhstan di mana hewan yang luar biasa ini pertama kali didomestikasi sekitar 5.500 tahun yang lalu. Kuda telah hadir di semua bidang aktivitas manusia, mulai dari pertanian dan transportasi hingga pertempuran, makanan, dan mitologi (Kuda Troya?).

Berkuda – kini


Saat ini, olahraga berkuda masih dikagumi. Olahraga ini termasuk yang diperlombakan di Olimpiade sejak 1912. Selain itu, olahraga ini merupakan pilihan yang paling disukai untuk mereka yang gemar berjudi.

Berenang - asal usul


Penggambaran pertama manusia berenang ditemukan diGurun Libya, lebih tepatnya disebut sebagai Gua Perenang yang terletak di dataran tinggi Gilf Kebir.  Gambar-gambar Neolitikum ini dilukis 8.000 tahun lalu merupakan bukti kuat untuk kegiatan yang malampau kebutuhan sederhana seperti menyeberang atau membersihkan diri. Para perenang ini terlihat jelas menikmati aktivitas ini.

Berenang – Kini


Inggris adalah negara pertama yang menjadikan renang sebagai olahraga kompetitif dan rekreasi pada 1837 di London. Olahraga ini telah menjadi bagian dari Olimpiade sejak pertandingan modern pertamanya tahun 1896.

Polo – asal muasal


Pengejaran dengan kuda ini berasal dari Asia Tengah pada masa Kekaisaran Persia, dan dimainkan oleh  kaum bangsawan dan prajurit militer sejak abad ke-6 SM. Ini berfungsi sebagai hiburan dan pelatihan bagi tentara, dan dimainkan sepanjang jalan dari Turki ke Cina, Mongolia dan Jepang.

Polo – hari ini


Bentuk modern polo yang telah menjadi populer di Barat datang kepada kita dari India pada akhir abad ke-19. Ini tampil pertama di Olimpiade 1900 dan merupakan olahraga Olimpiade reguler sebelum ditarik pada 1936. Hal ini terkait dengan isu pendanaan yang sedemikiran mahal selama periode pengematan jelangPerang Dunia II.

Hoki - asal usul


Forget about the ice – the origins of hockey date back all the way to Ancient Greece, as seen in depictions of people playing with curved sticks and balls from 2600 years ago. The word ‘hockey’ first appeared in a speech made by Edward III, King of England in 1363, which outlawed the sport along with soccer hoping that this would leave his subjects with more time to practise archery.

Hockey – today


In one form or another (whether on ice or turf), this sport is now played worldwide and has become a huge industry. The Stanley Cup, awarded to winning teams since 1893, is the oldest trophy to be awarded to a professional sports team.

Senam - asal usul


Faka ini sungguh-sungguh mengejutkan: orang Yunani yang menambahkan senam ke pelatihan militer mereka sekitar 500 SM. Selama periode Hellenistik (323 hingga 31 SM), warga biasa juga didorong untuk berlatih olahraga ini, dan senam termasuk dalam Olimpiade pertama di Gunung Olympus.

Senam - kini


Related : Olahraga Tertua yang Masih Dimainkan Hingga Hari Ini

0 Komentar untuk "Olahraga Tertua yang Masih Dimainkan Hingga Hari Ini"