Blogspot.com

Fakta-fakta Menarik tentang Es Krim

Ada banyak pertanyaan di kepala orang tentang es krim. Seperti apakah es krim dapat menimbulkan kecanduan seperti narkoba? atau apa perbedaan sorbet dan es krim? Apakah kandungan probiotik pada yogurt beku berbeda dengan yogurt pada suhu normal?
Jakarta: Sajian es krim aneka rasa merupakan salah satu hidangan penutup paling disukai di seluruh dunia dan segala usia. Tekstur yang lembut dengan berbagai rasa membuat lidah sulit berhenti menikmatinya.  
Bagi mereka yang menyukai makanan ini, es krim bisa menjadi menu wajib yang dinikmati kapan saja. Namun banyak pertanyaan seputar es krim, seperti apakah es krim dapat menimbulkan kecanduan seperti narkoba? atau apa perbedaan sorbet dan es krim? Apakah kandungan probiotik pada yogurt beku berbeda dengan yogurt pada suhu normal?
Berikut beberapa fakta mengenai es krim yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari WebMD. 
Es krim membuat kecanduan?
Seiring waktu, pecandu membangun toleransi terhadap narkoba atau alkohol. Semakin banyak menikmati semakin sedikit kesenangan yang Anda dapatkan. Satu studi menunjukkan hal yang sama pada mereka yang menyukai es krim. Satu kelompok remaja yang teratur makan es krim tampaknya tidak peka terhadap milkshake daripada kelompok remaja yang jarang makan es krim. 
Es krim dengan kalori tertinggi
Milkshake vanila mungkin sangat enak, tetapi hindari terlalu sering mengonsumsinya. Satu porsi besar milkshake vanila memiliki 1.420 kalori dan 48 gram lemak jenuh.  Bandingkan dengan satu porsi kentang goreng besar sebanyak 540 kalori. Sedangkan satu scoop es krim premium mengandung 250 hingga 350 kalori dan lemak jenuh.
Es krim rendah lemak lebih sehat
Es krim rendah lemak memilki 50 persen lebih sedikit lemak atau 33 persen lebih sedikit kalori daripada es krim biasa. Tapi bukan berarti Anda dapat makan es krim rendah lemak banyak-banyak. Kemungkinan es krim rendah lemak mengandung lebih banyak gula tambahan untuk menggantikan efek lemak pada rasa. Bandingkan kandungan pada label untuk membantu memilih opsi yang paling rendah lemak. Batasi konsumsinya hanya setengah porsi dan nikmati setiap suapannya. 
Pemicu sakit kepala 
Makan es krim dengan cepat dapat menyebabkan sensasi beku dan nyeri pada kepala. Sebab, saat sesuatu yang dingin menyentuh atap mulut yang hangat akan memicu saraf yang mengontrol aliran darah ke kepala. Saraf akan membengkak sehingga memicu rasa sakit. Sebaiknya nikmati es krim perlahan atau biarkan es krim menghangat sebelum menelannya. 
Es krim dengan lemak dan kalori paling rendah 
Es krim cone yang terbuat dari gula mengandung 60 hingga 130 kalori. Sementara cone dari wafel memiliki 120-160 kalori. Untuk mengurangi asupan kalori saat menikmati es krim favorit, lebih baik pesan menggunaan gelas yang bebas kalori dan lemak. 
Bahan rahasia es krim rendah lemak 
Rahasia di balik es krim rendah lemak yang lama meleleh ada pada protein ikan laut. Protein ini meningkatkan titik beku, menjaga es krim memilki tekstur yang lebih padat, melapisi kristal es dan mencegah rekristalisasi.
Alasan kristal es di atas es krim 
Fluktuasi suhu menjadi alasan umum terbentuknya lapisan es. Saat kristal es mencair kemudian dibekukan kembali, akan terbentuk gumpalan. Lebih baik atur freezer pada suhu antara -20° C dan 17 ° C. Simpan es krim di bagian tengah freezer daripada di pintu.
Manfaat Garam pada es krim rumahan 
Tambahan garam saat membuat es krim sendiri akan membantu menurunkan titik beku. Suhu campuran es dan garam berada di bawah titik beku normal air, membuat campuran krim cukup dingin untuk membeku.
Es lebih cepat meleleh saat udara panas dan berangin 
Sesuai hukum fisika, panas dari udara ditarik ke es krim yang dingin untuk menyeimbangkan perbedaan suhu di antara keduanya. Semakin besar perbedaan suhu, semakin cepat es krim meleleh. Es krim juga lebih cepat cair di iklim lembab daripada iklim yang kering. 
Perbedaan sorbet dan es krim
Sorbet dibuat dari bahan-bahan buah segar yang disajikan untuk  membersihkan langit-langit mulut. Mereka yang tidak toleran laktosa dapat menikmati sorbet karena makanan penutup ini tidak menggunakan susu.
Es krim bisa mengandung susu, telur, atau agar-agar. Bagi vegan, es krim dapat dibuat dari selai kacang, susu almond, santan, dan pengganti susu lainnya.
Kandungan probiotik yogurt beku dan yogurt biasa
Beberapa yogurt beku mengandung bakteri  hidup dan aktif yang bermanfaat sama seperti yang ditemukan pada yogurt cair. Kultur ini tidak aktif selama pembekuan tetapi menjadi aktif kembali saat dimakan dan kembali ke suhu yang hangat di dalam tubuh.

Related : Fakta-fakta Menarik tentang Es Krim

0 Komentar untuk "Fakta-fakta Menarik tentang Es Krim"