Blogspot.com

Hal Ekstrem yang Akan Terjadi di dalam Tubuhmu Ketika Putus Cinta


Tahukah kamu jika orang putus cinta itu bisa mempengaruhi kinerja pada tubuh. Bahkan ketika seseorang putus cinta , tubuh akan melakukan sejumlah hal ekstrem.
Putus cinta tak hanya membuat sakit hati , tetapi juga akan membuat anggota tubuh lainnya juga sakit. Seperti munculnya rasa stres yang pada akhirnya bisa membuat kesehatan menurun.
Tak hanya itu saja, masih ada banyak lagi hal ekstream yang akan terjadi pada tubuh jika kamu putus cinta. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia diantaranya.

1. Otak akan mengirim rasa sakit, dan rasa ingin bertemu sang mantan

Salah satu hal ekstream tubuh yang akan terjadi ketika putus cinta yakni tubuh akan sakit hati ketika bertemu mantan. Hal ini terjadi karena otak dapat mendistorsi rasa sakit hati akibat patah hati ketika kamu sedang memperjuangkannya. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan di Journal of Neurophysiology, menemukan bahwa seseorang yang diberikan gambar mantannya, beberapa bagian otak akan mengirimkan sinyal sakit secara fisik kepada aktivitas tertentu yang dilakukan tubuh.

2. Tubuh kita berubah ke ‘fight-or-flight’ mode

Salah satu hal ekstream yang akan terjadi pada tubuh ketika putus cinta yakni tubuh akan mengalami Fight-or-flight yang sering dikenal dengan fenomena ketakutan akan mengalami ancaman dan bahaya, tubuh akan secara alami merilis hormon adrenalin dan kortisol.
Fight of Flight ini pada akhirnya bisa menyebabkan pegal linu, otot yang membengkak karena hormon kortisol secara alami membangun otot kamu untuk persiapan dalam keadaan bahaya.

3. Sistem pencernaan melambat

Salah satu hal ekstream yang akan dialami tubuh ketika putus cinta yakni akan mengalami sitem pencernaan yang melambat . Menurut Jennifer Nelson dari MSNBC, hormon kortisol yang dirilis secara alami oleh tubuh ketika kita patah hati (simak kembali poin #2), dapat mengurangi aliran darah ke sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang terjadi dalam pencernaan kita. Selain itu, menurut studi tahun 1994, stress berpengaruh pada distribusi lemak tubuh, di mana hormon kortisol akan memusatkan distribusi lemak di bagian perut.

4. Kulit lebih sensitif pada jerawat

Putus cinta juga bisa memicu jerawat pada wajah orang yang putus cinta. Dari studi tahun 2007 yang dimuat oleh The New York Times, memprediksi jerawat juga disebabkan akibat putus cinta bisa membuat seseorang mengalami stress level tinggi.

5. Rambut rontok

Putus cinta juga bisa membuat rambut rontok. Tingkatan stress kita yang tinggi yang menyebabkan rontoknya rambut yang membuat kita mau tidak mau menjadikan salon sebagai tempat yang tepat untuk membenahinya.

6. Tekanan darah meningkat drastis

Seseorang yang putus cinta juga bisa menyebabkan tekanan darah meningkat dratis. Akibat pikiran yang kacau ini membuat stres level tinggi hingga menyebabkan seseorang emosional tinggi dan akhirnya tekanan darah pun meningkat.

7. ”Broken heart syndrome”

Putus cinta juga bisa menyebabkan seseorang mengalami “broken Heart Syndrome”. Seperti yang diungkapkan oleh The American Heart Association yang menjelaskan bahwa ketika kita stress, salah satu bagian dari jantung akan membesar dan tidak memompa dengan begitu baik. Secara teknis hal ini disebut ‘stress-induced cadiomyopathy,’ dan lebih dikenal dengan broken heart syndrome.
Nah, itulah dia ketujuh hal ekstream yang akan terjadi ketika putus cinta.


Baca juga artikel menarik lainnya :

Related : Hal Ekstrem yang Akan Terjadi di dalam Tubuhmu Ketika Putus Cinta

0 Komentar untuk "Hal Ekstrem yang Akan Terjadi di dalam Tubuhmu Ketika Putus Cinta"