Sabtu, 11 Juli 2020

Bukan Pemaksaan, Ini Proses Kawin Tangkap di Sumba yang Sebenarnya

Jika kamu pernah melihat video atau mendengar kasus mengenai kawin tangkap yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sudah dianggap lazim oleh masyarakat Sumba, mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana awal mula hal kontroversial yang dianggap sebagai tradisi tersebut awalnya bermula hingga kini sudah menjadi praktik lazim bagi masyarakat setempat.
Sebagai penjelasan singkat, proses kawin tangkap yang akhir-akhir ini dilakukan oleh masyarakat Sumba dilakukan dengan cara yang terbilang melenceng dan memaksa.
Jadi, beberapa orang dari pihak calon mempelai pria akan secara tiba- tiba mendatangi calon mempelai perempuan, ketika si perempuan tersebut sedang sendirian, baik itu di tempat umum seperti terminal atau tempat-tempat lainnya.
Kemudian, calon mempelai perempuan yang biasanya ditargetkan berumur antara 19 tahun hingga awal 20-an tahun tersebut diajak secara paksa untuk ikut ke rumah calon mempelai pria.
Tak jarang meskipun perempuan tersebut sudah menangis dan memberontak tidak ingin dibawa, namun pihak dari calon mempelai pria tersebut tidak mempedulikannya dan justru menggotong perempuan tersebut dengan paksa.
Menurut sejumlah pengamat budaya yang tertarik akan fenomena unik di masyarakat pedalaman Sumba ini menuturkan, bahwa sebenarnya kegiatan kawin tangkap tersebut bukanlah merupakan sebuah tradisi, melainkan hanyalah suatu bentuk penyimpangan praktik sosial yang diterapkan oleh masyarakat setempat secara terus-menerus, sehingga lama-kelamaan hal tersebut menjadi sesuatu yang sudah dianggap lazim.
Sehingga tak jarang ada saja pihak yang mengaku bahwa kawin tangkap merupakan tradisi turun-temurun mereka dan menjadikan hal tersebut sebagai pembenaran atas perilaku yang mereka perbuat. Senada dengan pendapat yang diungkapkan para pengamat budaya, ternyata menurut sebagian penduduk asli Sumba yang menentang kawin tangkap menyatakan bahwa proses kawin tangkap yang belakangan ini menjadi sorotan, sebenarnya sudah mengalami pergeseran nilai dari kawin tangkap yang dilakukan pada zaman dahulu.
Awal mula kawin tangkap dilakukan, pihak calon mempelai perempuan masih memiliki peran dalam prosesinya. Selain itu syarat-syarat tertentu juga diterapkan dalam rangkaian kawin tangkap pada masa itu. Misalnya calon mempelai pria yang ingin melakukan kawin tangkap harus merupakan masyarakat dari golongan atas, sebab ketika pernikahan berlangsung, pihak pria harus membayarkan mahar kepada pihak perempuan dalam jumlah yang tak sedikit jumlahnya.
Selain itu, calon mempelai perempuan sebenarnya sudah dipersiapkan sebelum nantinya ditangkap oleh pihak mempelai pria. Jadi tidak ‘diambil’ secara tiba-tiba seperti banyaknya kejadian akhir-akhir ini. Pada masa itu pula, calon mempelai perempuan akan didandani terlebih dahulu menggunakan pakaian adat dan aneka perhiasan, termasuk gelang yang terbuat dari gading. Kemudian calon mempelai pria pun memakai pakaian adat lalu menunggangi kuda.
Dalam adat istiadat, setelah calon mempelai perempuan berhasil ‘ditangkap’ oleh calon mempelai pria, keluarga calon mempelai pria pun menginformasikan kepada keluarga dari pihak calon mempelai perempuan bahwa mereka telah menangkap anak gadis mereka. Setelah itu barulah prosesi pernikahan lebih lanjut dilaksanakan antara kedua keluarga.
Sebenarnya, jika kawin tangkap dilakukan dengan mengikuti adat istiadat, menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia. Sayangnya, praktik kawin tangkap saat ini telah melenceng.
Baca juga berita menarik lainnya :
Tukang cukur cantik dan seksi ini bikin pelanggan tak berkedip 
Dituduh mastub4si dipesawat pramugari ini ungkap kebenarannya 
Mengaku diganggu hantu,presiden brasil pindah dari istana mewahnya 
Heboh,wanita asal amerika ini lelang dirinya dipasar jodoh 
Baru 5 menit bekerja presenter ini dipecat karena terlalu cantik 
cantiknya putri arab kenakan kostum penari bali sehabis spa 
kepergok maling pakaian ditoko,gadis ini dipaksa bug1l oleh warga 
Carrina linn,suster super seksi yang bikin netizen panas dingin 
ritual aneh janda di cina,berbaring didalam tanah seperti mayat 
Unik!warga desa ini selalu tak berbusana saat beraktifitas 
Heboh,polwan tertangkap kamera berhubungan s3ks dimobil patroli 
(Geger) pria berhubungan s3ks dengan sapi sapi dijalan hebohkan warga 
Diejek punya v4gina besar,wanita operasi demi pede bercinta 
Waduh gadis ini punya 3 payud4ra 
Karyawan separuh tel4njang,barber shop ini laris didatangi pria 
Lompat2 tanpa br4 dipantai,payud4ra nikita mirzani bikin geger 
Selfie bareng maria ozawa,nikita mirzani tampil lebih seksi 
Memalukan payud4ra britney spears jadi tontonan diatas panggung 
Abg-abg penjaja s3ks,gentanyangan ditempat pemakaman umum 
penjaga warung kopi ini viral,cantiknya bak model 
Curhat P5k,dia pake saya 2 kali tapi gak mau bayar 
(edan) Video H0T SMU begituan di semak-semak 
Ada Mahasiswi ngajak ngamar,eh ternyata cuma modus 
Weleh-weleh ini anak sd jaman sekarang 
(GEGER) Viral foto pns c1uman massal bikin geger saat valentine 

1 komentar:

  1. walah...begitu selama ini yang sebenarnya...karna praktiknya kemarin di beritakan seperti itu...jadinya bisa saja menjurus kriminal...dilema nanti penegak hukum jadinya

    BalasHapus